Monday 13 October 2014

Review Eksterior Suzuki Karimun Wagon R GX 2013

    CAR CLUTCH - Kali ini Test Driver "BRZ" akan mereview tentang eksterior dari salah satu mobil Low Cost Green Car (LCGC) dari pabrikan Suzuki dengan slogan "Lebih Dari Cukup" apa lagi kalau bukan Suzuki Karimun Wagon R. Kebetulan unit yang kami ulas kali ini bertipe GX berwarna Burgundy Red.


EKSTERIOR DEPAN SUZUKI KARIMUN WAGON R GX


Suzuki Karimun Wagon R GX ini memiliki lebar 1.475 mm dan tinggi 1.700 mm memiliki tampilan eksterior yang compact namun berbodi mengotak, berbeda dengan Suzuki Karimun terdahulu tepatnya Suzuki Karimun Estilo yang mempunyai bodi cenderung membulat. Walaupun mobil ini termasuk mobil LCGC, produsen masih memikirkan beberapa faktor estetika pada mobil ini misalnya pada grill yang disertai dengan dua bilah krom yang memanjang dari ujung ke ujung.


Salah satu peraturan tentang mobil LCGC adalah memberikan identitas yang bercirikan Indonesia. PT. Suzuki Indomobil Sales pun menyematkan logo 'Burung Garuda' pada grill depan Wagon R ini. Tidak seperti Honda Brio Satya yang menyematkan identitas 'Bunga Melati' di bagian belakang.


'Blue Eyes' adalah suatu fitur yang digadang - gadang sebagai fitur utama pada Suzuki Karimun Wagon R. Ini adalah lampu senja yang ditambahkan sebuah reflektor kecil berwarna biru muda, sehingga nyala lampu ini agak berbeda dengan lampu senja pada kebanyakan mobil lainnya. Nampaknya Suzuki Indomobil sangat membanggakan fitur ini. Bagaimana tidak, disetiap brosur, leaflet, iklan, dan website pun pasti terpampang logo dari dari 'Blue Eyes' ini.


Walaupun pada tahun 2013 lalu tipe GX ini menjadi tipe Karimun Wagon R yang tertinggi, Suzuki enggan melengkapi Karimun Wagon R dengan fog lamp walaupun pada tipe tertingginya. Tidak seperti mobil - mobil lain yang tanpa fog lamp namun penutup lubang fog lamp bisa dilepas secara terpisah dengan rumahannya. Dan nampaknya rumahan fog lamp ini dibuat permanen dan tidak bisa dibuka penutupnya apabila pemilik akan menambahkan dengan fog lamp aftermarket. Jadi jika pemilik akan menambahkan foglamp aftermarket, maka pemilik harus mengganti rumahan fog lamp ini seutuhnya.

EKSTERIOR SAMPING SUZUKI KARIMUN WAGON R GX


Pada bagian samping, Karimun Wagon R ini akan lebih terlihat mengotak. Ini membuat ruang interior tepatnya pada headroom dan legroom sangat lega. Mobil ini mempunyai panjang keseluruhan sebesar 3.600 mm. Wagon R ini salah satu mobil LCGC dengan akomodasi yang paling lega. Efek negatifnya, mobil ini akan terasa sedikit limbung ketika berjalan dengan kecepatan lebih dari 80 km/h.


Lagi - lagi Suzuki Indomobil memikirkan estetika dengan menambahkan roof rail pada Karimun Wagon R GX dan GL. Benda ini tidak akan Anda temukan pada Karimun Wagon R tipe GA (termurah). Roof rail yang bertengger di atap Wagon R ini menambah kesan gagah dan menghidupkan aura layaknya sebuah compact MPV. Apabila Anda akan berpergian jauh dan membutuhkan ruang penyimpanan ekstra luas untuk barang bawaan, Anda bisa menambahkan sebuah roof box yang nantinya bisa ditempatkan pada roof rail ini sebagai dudukan dari roof box. Namun ingat, membawa barang yang terlalu berat dan ditempatkan pada atap, membuat mobil kurang stabil.


Walau ini hanyalah sebuah LCGC, namun Suzuki tidak malu - malu memberikan yang terbaik bagi konsumen. Dengan cover spion yang telah dilengkapi warna yang sama dengan warna bodi, hal ini nampak sepeleh namun bisa meninggalkan jauh dari kesan murahan.


Karimun Wagon R GX telah dilengkapi dengan central lock. Namun lucunya, pada pintu penumpang depan masih terdapat lubang kunci, menurut kami ini tidak terlalu berguna dan menambah kesan kurang modern. Handle pintu masih mengaplikasikan model lawas, namun untungnya handle ini masih sewarna dengan bodi. Alangkah bagusnya apabila menggunakan door handle dengan model tarik seperti kebanyakan yang telah digunakan mobil - mobil masa kini. Mungkin langkah ini digunakan untuk menekan biaya produksi.



Kaki - kaki Suzuki Karimun Wagon R GX ini menggunakan velg alloy ring 13 palang 5 tegak lurus yang dibalut ban bermerek GT-Radial Champiro Eco dengan ukuran 145/80 R13. Kedua roda depan menopang suspensi MacPherson Strut with coil spring dan kedua roda belakang menopang suspensi 3-Links Rigid with coil spring. Menghasilkan ground clearance dengan tinggi sebesar 170 mm.

EKSTERIOR BELAKANG SUZUKI KARIMUN WAGON R GX


Apabila dilihat dari belakang, Suzuki Karimun Wagon R ini nampak sangat mengotak dan tinggi. Benar saja, ketika Test Driver menyandingkan Suzuki Karimun Wagon R ini dengan Chevrolet Spin maka terlihat lebih tinggi Wagon R. Pada tipe GX banyak perbedaan jika dibandingkan dengan tipe GA, misalnya saja bumper depan dan belakang mempunyai warna yang sama dengan bodi, sedangkan bumper milik Wagon R tipe GA hanya dibiarkan dengan warna dasarnya yaitu warna hitam.


Dengan tinggi 1.700 mm, maka mobil ini menjadi yang tertinggi diantara mobil LCGC sekelasnya. Sampai - sampai Test Driver kesusahan ketika akan melihat atap Wagon R ini secara keseluruhan. Maka bagi Anda pemilik Suzuki Karimun Wagon R, kami yakin ketika Anda mencuci sendiri mobil ini, maka rasanya tak jauh berbeda dengan mencuci sebuah mobil MPV yang pastinya membutuhkan kursi untuk bisa mencapai bagian atap mobil ini.


Lampu belakang Suzuki Karimun Wagon R ini didesain secara vertikal yang membuat kesan mobil ini semakin tinggi. Tatanan lampu ini tidak didesain asal - asalan, lampu belakang Wagon R ini nampak dinamis. Dengan rumahan stoplamp yang didesain unik, maka pada malam hari lampu merah ini terlihat seperti sebuah sarang laba - laba.


Wagon R tipe GX ini memiliki sebuah garnish krom pada pintu bagasi tepatnya diatas nomor polisi. Ornamen ini tidak akan Anda temukan pada tipe GA, karena pada tipe GA bagian ini hanya berwarna hitam. Tidak seperti emblem depan dengan logo Burung Garuda, pada bagian belakang Karimun Wagon R menggunakan logo 'S' khas Suzuki. Pada samping kanan dari nomor polisi, terdapat lubang kunci untuk membuka pintu bagasi Wagon R ini.


Seperti LCGC lainya, Honda Brio dengan emblem 'Honda Prospect Motor', Toyota Agya dengan emblem 'Astra Toyota', Daihatsu Ayla dengan emblem 'Astra Daihatsu' dan Datsun Go+ Panca dengan emblem 'Datsun Nusantara', maka Karimun Wagon R ini pun juga menggunakan nama instansi produsen di Indonesia yaitu dengan emblem Suzuki Indomobil.


Suzuki Karimun Wagon R GX ini tidak satu pun menggunakan sticker dalam menulis nama dan tipenya. Semua tulisan itu berupa emblem yang berlapis krom. Begitu pula pada Wagon R tipe GA.


Setelah semua sudut eksterior kami perhatikan dengan seksama, kami merasa terkejut dan sedikit kecewa ketika melihat finishing pada bumper depan dan belakang. Ini menjadi kekurangan Suzuki Wagon R, nampaknya Suzuki hanya memberikan bumper dengan cat yang sama dengan bodi, namun untuk finishingnya Suzuki tidak melakukan banyak perbuatan yang tujuannya untuk memperindah tampilan bumper. Sehingga bumper tampak kusam dan tidak bening ketika diperhatikan. Namun ini akan nampak ketika Anda memperhatikan secara dekat, apabila secara jauh hal ini masih bisa untuk ditoleransi. Kekurangan ini menjadi wajar mengingat harga jual mobil yang terjangkau.

Jadi apabila Anda merupakan keluarga baru yang menginginkan sebuah mobil dengan kabin ekstra lega dan tampilan eksterior yang paling berbeda dengan mobil LCGC lainya, maka Suzuki Karimun Wagon R ini menjadi pilihan yang tepat. Mengingat baru - baru ini Suzuki telah meluncurkan varian terbaru dari keluarga Wagon R, yaitu Karimun Wagon R Dilago & Karimun Wagon R GS yang dilengkapi dengan projector head lamp.

Terima Kasih

2 comments:

  1. mantap reviewnya gan, request test drive isuzu panther sama exteriornya ya, oh iya klo bisa aksesoris isuzu panther juga hehe...

    keep the good work my friend

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Luthfi Muamar
    Siap nantikan review yang lebih lengkap tentang Isuzu Panther dari kami

    ReplyDelete