Monday 6 October 2014

Review Chevrolet Spin LT 1.2

     DRIVING PASSION - Pertama kami mengucapkan selamat datang dan terima kasih Anda telah mengunjungi drivingwithpassion.blogspot.com . Pada review yang pertama ini, kami akan mengulas habis Chevrolet Spin LT. Chevrolet Spin pertama kali diperkenalkan pada Masyarakat Indonesia pada bulan September tahun 2012, tepatnya pada saat acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012. Setelah mendapat respon positif, Chevrolet Spin akhirnya melakukan launching pada tanggal 25 April 2013 di Taman Mini Indonesia Indah.

EKSTERIOR CHEVROLET SPIN LT 1.2


Langsung saja, yang pertama kami bahas eksterior Chevrolet Spin yang bertipe LT 1.2 dengan warna yang paling populer dipasaran yaitu warna Mond Grey Metallic. Dari tampilan depan, terdapat suatu ciri khas bahwa ini adalah Spin bertipe LT. Yang pertama adalah Grill tanpa lis krom pada bagian tepi, hal ini serupa dengan Spin bertipe LS. Namun yang membedakan tipe LT dan LS ada pada Foglamp depan, karena Foglamp depan absen pada Spin bertipe LS. Desain moncong Chevrolet Spin dapat dikatakan berani tampil beda jika dibandingkan dengan rivalnya. Bentuk kap mesin Spin cenderung datar dan tidak langsung merosot ke depan, hal ini menampakan kegagahan layaknya sebuah SUV.


Dilihat dari tampak samping, Spin LT tidak dilengkapi dengan Roof Rails di bagian atap, karena ini hanya hadir pada varian LTZ. Salah satu kekurangan eksterior Chevrolet Spin terletak pada Door Handle yang tidak mengaplikasikan tipe tarik layaknya MPV masa kini. Namun hal ini tidak menjadi masalah, karena tertolong oleh desain yang unik. Chevrolet Spin mempunyai lebar 1.735 mm, panjang 4.360 mm, dan tinggi 1.664 mm dengan wheelbase 2.620 mm. Roda Spin LT mempunyai desain velg alloy seperti tipe LTZ, dengan ukuran ban 195/65 R15 bermerek GT Radial Champiro Eco.

Pada bagian belakang tepatnya di pintu bagasi, terdapat emblem Spin LT pada bagian bawah kanan. Dan pada bagian kiri terdapat emblem tulisan Chevrolet. Perlu diketahui, Spin LT juga tersedia dengan versi mesin diesel yang dibedakan dengan dengan adanya emblem TCDi di atas emblem tulisan Chevrolet. Pada semua tipe Spin telah dilengkapi dengan wiper belakang. Untuk membuka pintu bagasi belakang, Spin tidak menggunakan handle tapi menggunakan tombol soft touch. Pada lampu belakang, Spin berbeda dengan mobil - mobil pada umumnya. Lampu Belakang Spin memiliki 2 rangkap mika, yang paling luar mika transparan dan mika berwarna merah berada di dalam. Apabila Anda mengamati lebih detail, terdapat tulisan Chevrolet pada lampu belakang Chevrolet Spin ini.

Kunci Chevrolet Spin memiliki cover berwarna hitam berbentuk kotak dengan logo Chevrolet dan terdapat tombol warna krom untuk membuka lipatan anak kuncinya. Anak kunci Chevrolet Spin bisa ditekuk atau disembunyikan kedalam covernya, untuk menghindari kunci patah misalnya ketika Anda menaruhnya di dalam saku. Pada belakang cover, terdapat 2 buah tombol soft touch dengan gambar gembok terbuka untuk membuka pintu dan tombol dengan gambar gembok tertutup untuk mengunci pintu. Ada yang unik ketika Anda membuka kunci pintu melalui remote, karena apabila Anda hanya 1 kali menekan tombol, maka yang terbuka hanya pintu untuk pengemudi dan pintu bagasi belakang saja. Hal ini bertujuan demi keamanan, apabila Anda akan bepergian sendirian dan Anda tidak bisa mengontrol di sisi kiri kendaraan, jadi pintu depan dan belakang kiri tetap terkunci. Namun ketika Anda menekan tombol gambar gembok terbuka 2x maka semua kunci pintu Chevrolet Spin terbuka.

INTERIOR CHEVROLET SPIN LT 1.2


Setelah masuk dalam kabin Chevrolet Spin LT 1.2 ini, dan menutup pintu sepertinya Anda membutuhkan sedikit tenaga yang lebih kuat. Karena sering kali pintu Spin tidak menutup dengan rapat sempurna, hal ini wajar karena Chevrolet Spin dilengkapi karet - karet peredam kabin yang sangat kedap. Sehingga saat Anda menutup pintu udara di dalam kabin menjadi bertekanan yang menghambat pintu menutup. Keuntungannya, kabin Spin menjadi sangat kedap suara. Ketika Anda berada di dalam, suara di luar mobil hampir sama sekali tidak terdengar. Kualitas peredaman ini menjadi yang terbaik di mobil - mobil sekelasnya.

Mengamati lebih detail, Anda disuguhkan dengan desain dashboard yang futuristik tidak seperti Low MPV lainya yang cenderung konvensional. Pada dashboard bertaburan tombol - tombol fungsional yang mengaplikasikan sistem soft touch, jadi tombol nyaman ketika ditekan seperti mobil - mobil premium. Ada yang beda dengan Low MPV jepang lainya, yaitu tombol Head Lamp dan Fog Lamp terletak di bawah ventilasi AC pengemudi. Disebelahnya juga terdapat tombol geser untuk mengatur intensitas cahaya pada speedometer dan MID. Di bawah head unit terdapat 3 buah tombol, yang paling kiri adalah tombol untuk central lock buka dan tutup. Yang di tengah adalah tombol segitiga untuk menyalakan lampu hazard, yang unik disini ketika Anda menyalakan hazard, segitiga merah pada tombol ini juga nyala berkedip. Kemudian tombol yang paling kanan adalah tombol untuk mengaktifkan AC di penumpang baris kedua dan ketiga. Di bawah 3 tombol tersebut, ada 3 buah knop pengatur AC, yang paling kiri berfungsi untuk mengatur suhu AC. Knop yang tengah berfungsi untuk mengatur hembusan AC. Dan knop yang paling kanan berfungsi untuk mengatur sumber udara. Pada pilar A sebelah kanan, terdapat tombol untuk mengatur kaca spion. Di sini terdapat tombol untuk menetapkan spion mana yang akan diatur dan tombol lingkaran untuk menggerakan kaca spion ke atas, bawah, kanan, dan kiri.

Di bagian belakang kemudi Anda akan menemukan dua tuas di kanan dan di kiri. Tuas yang dikanan berfungsi untuk lampu sein kiri dan kanan, mengaktifkan lampu lauh. Sedangkan tuas yang di kiri, untuk mengaktifkan wiper depan. Ketika tuas diangkat naik, mempunyai fungsi untuk mengeluarkan cairan pembersih kaca depan dan otomatis wiper bergerak sampai cairan bersih. Ketika tuas digeser kebawah, mempunyai fungsi untuk mengeluarkan cairan pembersih kaca belakang dan wiper otomatis bergerak. Ketika tuas digeser ke depan, mempunyai fungsi menggerakan wiper depan 1x. Dan ketika tuas digeser kebelakang, mempunyai fungsi mengaktifkan wiper depan dengan jeda, digeser ke belakang lagi mempunyai fungsi mengaktifkan wiper depan tanpa jeda dengan kecepatan sedang, dan untuk menambah kecepatan wiper agar lebih tinggi tuas digeser ke belakang 1x lagi.

Chevrolet Spin mempunyai desain kemudi yang modern dan futuristik dengan tombol klakson di tengah. Perlu diketahui, desain kemudi Spin sama dengan produk - produk Chevrolet lainya seperti Aveo, Orlando, bahkan Chevrolet Camaro ZL1 dan Chevrolet Camaro Z28 juga memiliki desain kemudi yang sama dengan Spin. Ada yang membedakan kemudi Spin LT dengan varian LS dan LTZ, pada varian LS tidak terdapat logo Chevrolet dengan warna emas, tapi logo Chevrolet hanya sewarna dengan kemudi. Sedangkan Spin verian LTZ memiliki kemudi dengan ornamen berwarna silver.

Di kabin Spin bagian depan, terdapat banyak ruang penyimpanan. Pada door trim kanan dan kiri terdapat ruang penyimpanan yang luas serta terdapat cup holder. Di bagian tengah tempat duduk, juga terdapat 2 cup holder dan ruang untuk meletakan uang koin dan sebagainya. Di sisi dashboard penumpang depan terdapat ruang penyimpanan untuk meletakan misalnya dompet atau handphone. Juga tersedia laci dengan penutup, yang ukuranya lumayan, cukup untuk memasukan manual book dan lainya. Diatas dashboard juga terdapat cekungan untuk meletakan misalnya kotak tisu atau lainya.

Apabila posisi duduk Anda kurang pas, Anda dapat mengatur kursi pengemudi dengan 4 arah yaitu ke depan, ke belakang, ke atas dan ke bawah. Untuk menaikan dan menurunkan tempat duduk, Anda bisa menggunakan knop putar di sisi kanan tempat duduk. Dan untuk merebahkan sandaran, Anda bisa menarik tuas di kanan tempat duduk. Untuk tempat duduk penumpang depan, hanya bisa digeser maju mundur dan recleaning. Apabila Anda masih kurang pas dengan posisi mengemudi, Anda juga bisa mengatur ketinggian dengan membuka tuas tilt steering yang bisa menaik turunkan setir.

Setelah puas mengobrak - abrik kabin Chevrolet Spin LT bagian depan, saatnya Anda menuju ke baris kedua. Ketika masuk di kabin baris kedua, pertama yang membuat kami terkagum adalah sistem pendingin udara Chevrolet Spin tidak hanya dilengkapi dengan double blower, melainkan triple blower hingga baris ketiga. Blower di atap Spin ini berdesain unik layaknya sebuah bus, karena hembusan AC dapat diarahkan kesegala arah dengan memutar kisi blower. Untuk menyalakan AC di baris kedua dan ketiga, Anda bisa menggunakan knop putar yang terletak di atas, namun pastikan tombol Rear AC pada dashboard sudah diaktifkan. Untuk menuju baris ketiga, Anda hanya perlu menurunkan sandaran dan membalikan kursi baris kedua. Kemudian Anda dapat masuk dan duduk di baris ketiga dengan mudahnya. Baris ketiga Chevrolet Spin cukup nyaman karena banyaknya ruang penyimpanan serbaguna dan hadirnya blower AC di tempat ini walaupun tidak seluas baris kedua. Seperti halnya baris kedua, pada baris ketiga juga dilengkapi dengan sabuk keselamatan dan head rest yang bisa diatur ketinggianya. Pada Chevrolet Spin tipe LT dan LS tidak dilengkapi dengan lampu kabin pada baris ketiga, karena lampu ini hanya hadur di tipe LTZ.

Setelah kami bahas ruang untuk penumpang, saatnya kami untuk menuju ruang bagasi. Ruang bagasi Chevrolet Spin memang tidak yang terluas dikelasnya, tapi cukup apabila Anda meletakan 4 galon air mineral. Jika Anda kurang puas dengan ruang bagasi Spin, Anda bisa melipat tempat duduk baris ketiga dengan mudah. Sekarang kapasitas bagasi Spin menjadi sangat luas. Pada bagian bawah bagasi, terdapat ruang penyimpanan untuk ban cadangan dan alat - alat seperti dongkrak dan lainya yang tersimpan dan tertata dengan sangat rapi.

DRIVING IMPRESSION CHEVROLET SPIN LT 1.2



Oke, sekarang waktunya untuk menyalakan mesin dari Chevrolet Spin. Dengan memasukan anak kunci dan memutar kunci. Apabila ketika kunci dimasukan kemudian terdengar tanda peringatan 'tung tung tung' itu tandanya pintu pengemudi masih dalam keadaan terbuka atau tidak rapat. Suara dinamo starter Spin terdengar lebih enak dan modern dibandingkan dengan MPV sekelasnya yang terdengar seperti mobil - mobil biasa. Spin terdengar layaknya sebuah mobil mewah. Setelah mesin menyala apabila terdengar bunyi peringatan kembali, itu artinya pengemudi belum memakai sabuk keselamatan. Speedometer Chevrolet Spin mempunyai desain yang paling futuristik dengan indikator RPM analog dan Speedometer digital. Layar MID tidak hanya berfungsi sebagai speedometer, tapi juga berfungsi untuk menampilkan banyaknya bahan bakar dalam tangki Spin. Di sini juga tampak odometer untuk mengukur jarak tempuh. Di layar ini juga bisa tampil code - code khusus apabila Spin mengalami kondisi tidak normal misalnya kap mesin tidak tertutup sempurna. Pada varian LTZ, layar ini akan menampilkan fungsi yang lebih banyak misalnya konsumsi bahan bakar dan lain - lain.

Setelah semua siap, waktunya untuk menjalankan Spin ini. Pedal kopling Spin terasa ringan begitu juga perpindahan giginya. Karakter mesin Chevrolet Spin bermesin Ecotec 1.200 cc ini unik, karena ketika Anda melepas kopling dan tanpa menginjak pedal gas, Spin dapat berjalan tanpa ada hentakan - hentakan apalagi mesin akan mati. Itu tidak terjadi pada mesin dual VVT-i ini. Jadi apabila Anda bisa mengemudikan Chevrolet Spin dengan cara khas EcoDrive, maka konsumsi bahan bakar akan sangat membaik. Karena Spin mempunyai banyak tenaga di putaran bawah. Mesin Chevrolet Spin LT 1.200 cc 4 silinder segaris mempunyai tenaga 86 PS pada 5.600 rpm dan torsi sebesar 115 Nm pada 4.000 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan. Ketika Anda memutar kemudi, memang Spin memiliki power steering yang agak sedikit berat. Spin mengaplikasikan sistem power steering hydraulic. Semua rivalnya menggunakan power steering electric yang tentu saja lebih ringan. Namun menurut kami lebih pas dengan power steering hydraulic karena lebih presisi dan akurat. Suspensi Chevrolet Spin memang kami akui menjadi suspensi yang ternyaman dikelasnya sesama Low MPV. Bahkan kenyamanan Chevrolet Spin bisa disetarakan dengan salah satu Medium MPV populer dengan dengan mesin 2.000 cc. Suspensi depan Chevrolet Spin menggunakan McPherson Strut dan suspensi belakang menggunakan Torsion Beam Axle, sehingga Spin memiliki kenyamanan tingkat tinggi. Suspensi Spin memiliki karakter yang pas tidak terlalu keras dan tidak terlalu mengayun, sehingga tercipta suspensi yang rigid yang banyak berpengaruh dengan rasa pengendalian. Pengendalian Chevrolet Spin terasa mantap juga dipadukan dengan power steering hydraulic yang membuat feel benar - benar fun to drive. Ada yang lucu dari tuas perseneling Chevrolet Spin ini, ketika Spin akan berjalan mundur maka yang perlu Anda lakukan tidak sama dengan yang dilakukan ketika membawa mobil - mobil pada umumnya. Karena Spin memiliki posisi tuas "R" sama dengan posisi gigi 1, namun perbedaanya Anda harus menarik ring bersamaan dengan menggeser tuas ke posisi gigi 1, maka Spin siap berjalan mundur. Ketika Anda menyalakan lampu sein untuk tanda berbelok, suara lampu sein Spin keluar lewat audio dengan nada polyphonic. Tidak seperti mobil - mobil lain yang suara seinnya hanya suara flasher "tik tuk tik tuk". Klakson Spin juga mempunyai bunyi yang tidak seperti mobil - mobil lain, dengan klakson stardart pabrikan suaranya mirip dengan klakson variasi aftermarket yang bernada mantap.


Sistem audio Chevrolet Spin LT 1.2 mempunyai head unit double din dengan layar dan banyak tombol - tombol yang fungsional. Pada tampilan awal sebelum dinyalakan maka yang tampak hanya tanggal, jam, dan suhu luar kendaraan. Head unit ini mempunyai kemampuan untuk memutar CD MP3, USB Port yang letaknya dibalakang tuas perseneling, Radio, AUX, dan Bluetooth. Fitur Bluetooth selain untuk memutar MP3, fitur ini juga bisa untuk menerima telepon masuk dan melakukan panggilan telepon pada head unit dengan suara lawan bicara akan masuk ke sistem audio. Kualitas suara audio Spin ini bisa diakui yang terbaik dikelasnya. Suara 4 buah speaker sangat mantap dan seimbang.

Ketika Anda telah sampai di tujuan dan akan mengunci pintu, Anda sebaiknya menekan tombol gambar gembok tertutup sebanyak 2x, karena ketika tombol ini ditekan sebanyak 2x maka sistem alarm kendaraan baru berfungsi dan terdapat bunyi klakson sekaligus menandakan semua pintu sudah terkunci dengan sempurna. Namun apabila Anda telah menekan tombol sebanyak 2x namun tidak terdengar suara klakson, maka Anda harus memastikan semua pintu sudah tertutup dengan rapat sempurna. Apabila Anda menekan tombol ini sebanyak hanya 1x semua pintu sudah terkunci tetapi sistem alarm kendaraan belum berfungsi.

KELEBIHAN CHEVROLET SPIN LT 1.2

+ Desain eksterior terlihat gagah layaknya sebuah SUV.
+ Plat bodi lebih tebal dan kokoh. 
+ Desain interior futuristik dan modern.
+ Interior sangat senyap dan nyaman.
+ Mesin lebih modern dengan Ecotec dual VVT-i.
+ Dirakit di Indonesia sehingga spare part murah dan mudah.
+ Suspensi sangat nyaman sehingga pengendalian terasa mantap.
+ Mesin bertenaga diputaran bawah.

RIVAL CHEVROLET SPIN LT 1.2

1. Toyota Avanza 1.3 E M/T
2. Honda Mobilio S M/T
3. Suzuki Ertiga 1.4 GA
4. Daihatsu Xenia 1.3 X Deluxe

Terima Kasih Anda telah membaca review dari kami. Nantikan review - review berikutnya.

4 comments:

  1. Suhu" saya mau tanya.
    Klo chevrolet spin lt dipasang remot stir dengan head unit standar bisa apa ga. Dan dimana caranya.

    ReplyDelete
  2. Head unit spin lt suport atau tidak jika saya pasang remot stir. Mohon bantuannya suhu"

    ReplyDelete
  3. Bgmn cara menghidupkan/mengangtivkan lagi suara sen reting lampu agar bisa berbunyi tik tuk tik tuk ..sbb punya sy tdk dapat berbunyi

    ReplyDelete